PENGGUNAAN VARIASI RUANG KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMPI HUSNUL YAQIN PONTIANAK

MASHURROFIQ, MOHAMMAD (2017) PENGGUNAAN VARIASI RUANG KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMPI HUSNUL YAQIN PONTIANAK. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI 1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA rofiq.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN VARIASI RUANG KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMPI HUSNUL YAQIN PONTIANAK Moh. Mashurrofiq Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Pontianak Penulis [email protected] Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan variasi ruang kelas dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMPI Husnul Yaqin Pontianak, 2) Motivasi belajar siswa dengan ruang kelas yang bervariasi pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMPI Husnul Yaqin Pontianak, 3) Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan variasi ruang kelas dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII SMPI Husnul Yaqin Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakanvariasi ruang kelas sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, 2) Motivasi belajar siswa. Siswa senang dengan variasi ruang kelas yang digunakan oleh guru sehingga mereka belajar lebih semangat dan antusias, serta lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung, 3) Faktor yang menjadi penghambat lebih berasal dari ketidak disiplinan siswa dan pendukungnya adalah sarana yang tersedia berupa ruang yang cukup besar dan meja kursi yang bisa dipindah-pindah. Kata Kunci: Penggunaan, variasi ruang kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 26 Feb 2019 02:11
Last Modified: 03 Jan 2024 04:12
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item