PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X MA RAHMATAN LIL’ALAMIN MEMPAWAH

MUHAMMAD SYAKIRIN, 111630214 (2017) PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE KELAS X MA RAHMATAN LIL’ALAMIN MEMPAWAH. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD SYAKIRIN. 111630214. Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Dengan Menggunakan Jigsaw Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kingdom Plantae Kelas X MA Rahmatan Lil’alamin Mempawah. Dibimbing oleh ANANDITA EKA SETIADI, M.Si dan ARIF DIDIK KURNIAWAN, M.Pd. Materi plantae sangat erat kaitannya dengan lingkungan. Salah satu cara mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa perlu dilakukan perbaikan melalui pendekatan jelajah alam sekitar (JAS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar dengan pendekatan jelajah alam sekitar menggunakan jigsaw dan konvensional. 2.Besarnya pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dengan menggunakan jigsaw terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji UMann Whitney menunjukan terdapat perbedaan aktivitas belajar (0,000<0,05) dan hasil belajar (0,001<0,05) hal ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Sedangkan perhitungan Effect Size memberikan pengaruh persentase peningkatan aktivitas belajar sebesar 77,4% tergolong besar, dan hasil belajar sebesar 43,0% tergolong besar. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) menggunakan jigsaw terdapat perbedaan dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan jelajah alam sekitar (JAS), jigsaw, Aktivitas Hasil Belajar, Plantae.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:57
Last Modified: 26 Feb 2019 01:57
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item