PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs RAUDLATUL FIRDAUS DESA DURIAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tiara, Tiara (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs RAUDLATUL FIRDAUS DESA DURIAN KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Tiara (121410444): Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VII MTs Raudlatul Firdaus Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Pontianak, 2016. Dibawah bimbingan Bapak Eli, M.Ag, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Bapak M. Alias, S.Ag, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VII MTs Raudlatul Firdaus Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan ialah eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian “Pretest-Posttest Control Group Design”. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIB sebagi kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang berbentuk essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signitifikan penggunaan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs Raudlatul Firdaus Desa Durian Kecamatan Ambawang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)dan yang tidak menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)dengan dilakukannya uji t-test yang diperoleh thitung -3,002 dan ttabel -2,007 (untuk taraf signifikan 5%). Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:18
Last Modified: 03 Jan 2024 04:15
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item