KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE DEBAT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X DI MAN 1 NATUNA KEPULAUAN RIAU

SURAYA, 141630392 (2018) KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE DEBAT PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X DI MAN 1 NATUNA KEPULAUAN RIAU. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

SURAYA (141630392). Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Berpikir Kritis Melalui Metode Debat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X di MAN 1 Natuna Kepulauan Riau. Dibimbing oleh ANANDITA EKA SETIADI, M.Si. dan NURI DEWI MULDAYANTI, M.Pd. Kurangnya kepercayaan diri serta lemahnya penalaran siswa pada pembelajaran biologi berkaitan dengan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan argumentasi ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 1 Natuna melalui metode debat pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penilaian keterampilan argumentasi ilmiah dan berpikir kritis dilakukan secara lisan & tulisan. Keterampilan argumentasi ilmiah siswa mengacu pada Toulmin’s Argument Pattern (TAP) dengan level 1, 2, 3, 4, & 5. Dari hasil penelitian keterampilan argumentasi ilmiah secara lisan & tulisan pada level 1 yang diperoleh 0%, pada level 2 penilaian lisan sebesar 48.28.% & tulisan 41.34%, pada level 3 penilaian lisan sebesar 37.93% & tulisan 58.63%, pada level 4 penilaian lisan sebesar 13.79% & tulisan 0% serta penilaian lisan & tulisan pada level 5 0%. Keterampilan berpikir kritis dikategorikan dalam Strong, Acceptable, Unacceptable, & Weak. Dari hasil penelitian keterampilan berpikir kritis secara lisan & tulisan pada kategori Unacceptable sebesar 62.06% & Acceptable sebesar 37.94%. Argumentasi ilmiah dan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 1 Natuna tergolong masih rendah. Kata kunci: Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Keterampilan Berpikir Kritis, Metode Debat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:08
Last Modified: 07 Feb 2019 07:08
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item