PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI PAUD LAB MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

RAHAYU, 13161260 (2018) PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DI PAUD LAB MODEL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

RAHAYAU (131610260). Penerapan Rewarddalam Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercakap-Cakap di Paud Lab Model Univeritas Muhammadiyah Pontianak.Dibimbing oleh H. Sutrisno, S.Pd.SH, M.Si., danYuniarti, M.Pd. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara pada anak di Paud Lab Model Univeritas Muhammadiyah Pontianak, melalui metode bercakap-cakap dengan media reward.Keterampilan berbicara pada anak dilihat dari kemampuan anak dalam berbicara lancar dengan kalimat sederhana dan dipahami oranglain, menjawab pertanyaan,dan kegiatan menolong yaitu bercerita mengenai gambar yang sudah disediakan.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Subjek yang diteliti yaitu anak dari kelompok TK B Paud Lab Model yang berjumlah 11anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.Objek dalam penelitian ini keterampilan berbicara. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran melalui metode bercakap-cakap dengan media gambar. Metode bercakap-cakap dengan reward dilakukan dalam empat kali pertemuan yang berupa kegiatan dialog dan bercakap-cakap. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak-anak diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan dialog dan bercakap-cakap, kegiatan dialog dilakukan oleh guru dan anak begitu juga antar anak,Kegiatan bercakap-cakap berupa masing-masing anak menceritakan gambar dan setiapmasing-masing anak diberi satu media gambar, guru memotivasi anak untuk ikutserta dalam kegiatan dengan memberikan reward bintang. Metode bercakap-cakap dengan reward dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Kata kunci:Keterampilan berbicara, metode bercakap-cakap, reward.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:51
Last Modified: 07 Feb 2019 06:51
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item