UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH BUNDA PONTIANAK

PUJI ASTUTI, 081610776 (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KASIH BUNDA PONTIANAK. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PUJI ASTUTI.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Puji Astuti (081610776), “Upaya Peningkatan Kemampuan dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak”. Dibawah bimbingan Bapak Eli, M.Pd dan Ibu Hj. Sudarti, M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi, masih ada anak di PAUD Kasih Bunda Pontianak kelompok B2 yang belum dapat mengenal huruf hijaiyah dalam proses pembelajaran, sehingga perlu adanya perubahan metode yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) adalah untuk memperoleh kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang objektif tentang: 1. Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah. 2. Hasil peningkatan kemampuan anak dalam pengenalan huruf hijaiyah melalui metode kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian “pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT)”. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan baik sebanyak 16, 67 %, cukup 27,78 %, dan kurang 55,56%. Pada siklus II terdapat kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan baik sebanyak 38.89 %, cukup 22,22 %, dan kurang 38,89%. Siklus III terdapat kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan baik sebanyak 72,22 %, cukup 27,78%, dan kurang 0 %. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah di PAUD Kasih Bunda Pontianak. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dalam kegiatan pembelajaran secara signifikasikan dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Kata kunci: Mengenal huruf hijaiyah, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mengenal huruf hijaiyah, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 07:32
Last Modified: 23 Mar 2017 07:42
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item