PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR AKHLAK TARIKH MATERI MENGHINDARI PERILAKU TERCELA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mardian, Ferli (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR AKHLAK TARIKH MATERI MENGHINDARI PERILAKU TERCELA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

FERLI MARDIAN (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akhlak Tarikh materi menghindari perilaku tercela Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2018. Dibimbing oleh Heriansyah, SH, SHI, M.Pd selaku pembimbing I dan Wahdah S.Ag, M.Pd selaku pembimbing II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design melalui Nonequivalent Control Group Design. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pontianak tahun pelajaran 2017/2018. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini, pemilihan dua kelas yaitu X MIA sebagai kelas eksperimen dan X IIS sebagai kelas kontrol di mana jumlah siswanya peneliti tentukan menjadi 25 siswa perkelas untuk mempermudah dalam menentukan pengaruh hasil belajar di dua kelas. Alat pengumpul data tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. hasil pretest kelas X IIS 30,4 dan kelas X MIA 50,8 kategori (rendah). Hasil postest kelas X IIS 77,6 (sedang) dan kelas X MIA 88,8 (tinggi) lalu dilakukan uji t-test, di mana nilai sig = 0,00 < 0,05 Sehingga terdapat pengaruh rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi Critical Incident dengan kelas eksperimen yang menggunakan strategi Critical Incident. Untuk melihat pengaruh signifikannya antara kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi Critical Incident dengan kelas eksperimen yang menggunakan strategi Critical Incident maka dilakukan uji Mann Whiteney Test dan didapat nilai Asymp. Sig = 0,000 < 00,5 Hal ini menunjukan terdapat pengaruh terhadap Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident dengan hasil belajar akhlak tarikh materi menghindari perilaku tercela siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pontianak Tahun pelajaran 2017/ 2018. Kata Kunci: Hasil Belajar, Critical Incident

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:32
Last Modified: 03 Jan 2024 08:07
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item