PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK

IRMA DEWI, 091610309 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAMIYAH PONTIANAK. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih rendahnya kemampuan anak dalam pengenalan kosakata Bahasa Inggris yang terlihat pada saat proses belajar mengajar berlangsung, anak kurang aktif dalam menerima pembelajaran dan kurangnya pemanfaatan media atau permainan yang sudah tersedia. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor kematangan anak dan stimulus atau latihan yang belum optimal seperti pembelajaran yang ada dalam program di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendskrifsikan: 1) Bagaimana perencanaan pengenalan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun sebelum melalui permainan puzzle di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak? 3) Apakah dengan permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak? Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Perencanaan kegiatan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris melalui permainan puzzle di Taman Kanak-kanak Islamiyah Pontianak telah dilakukan guru yaitu dengan merencanakan materi yang akan disampaikan sesuai dengan tema dan sub tema yang dipelajari, guru juga menyediakan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris selain itu guru mengkondisikan kelas pada saat anak bermain puzzle. Sebelum bermain puzzle dimulai guru juga memberikan contoh dan aturan bermain agar permainan lebih menarik dan efektif, serta merencanakan pelaksanaan pembelajaran dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). Kata Kunci: peningkatan kemampuan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan puzzle di taman kanak-kanak islamiyah Pontianak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan puzzle di taman kanak-kanak islamiyah Pontianak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 07:22
Last Modified: 23 Mar 2017 07:40
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item