MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ABJAD MELALUI METODE STRUKTURAL ANALISIS DAN SINTESIS (SAS) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Emila Triyasa, mr and Nanang Heryana, mr and Wahdah, mrs (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP ABJAD MELALUI METODE STRUKTURAL ANALISIS DAN SINTESIS (SAS) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. FKIP Program Studi PG PAUD.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL EMILA TRIYASA.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang objektif tentang penerapan metode SAS dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep abjad di TK Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kelompok B1. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan Penelitian “Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS)” alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian Tindakan Kelas dari siklus I, II dan III telah terjadi peningkatan terhadap anak dalam mengenal konsep abjad.pada pengenalan kata Matahari siklus 1 Matahari siklus I 3,84% (1 anak), siklus II 11,53% (3 anak) dan siklus III 73,07% (19 anak). Pengenalan konsep abjad pada kata Pelangi siklus I 0% (0 anak), siklus II 34,61% (9 anak) dan siklus III 76,92% (20 anak). Pengenalan konsep abjad pada kata Bintang siklus I 0% (0 anak), siklus II 30,76% (8 anak) dan siklus III 80,76% (21 anak). Pengenalan konsep abjad pada kata Bulan siklus I 15,38% (4 anak), siklus II 50% (13 anak) dan siklus III 96,15% (25 anak). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Struktural Analisis dan Sintesis dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep abjad anak di TK Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kelompok B1. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam mengenal konsep abjad dalam kegiatan pembelajaran secara signifikan dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Saran, dalam proses pembelajaran diharapkan guru dapat berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep abjad anak melalui metode SAS. Bagi pihak sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran yang efektif Kata kunci: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Abjad, Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Abjad, Metode Struktural Analisis dan Sintesis (SAS).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 21 Mar 2017 07:05
Last Modified: 23 Mar 2017 07:37
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item