HUSNUL HUDZAIFAH, 131630404 (2018) PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 01 JAWAI. Other thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
SKRIPSI HUSNUL HUDZAIFAH 131630404.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
HUSNUL HUDZAIFAH (131630404). Pembelajaran Kooperatif STAD Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem SMP Negeri 01 Jawai. Dibimbing oleh ADI PASAH KAHAR, M.Pd dan ARIF DIDIK KURNIAWAN, M.Pd Hasil belajar siswa kelas VII MIA di SMP Negeri 01 Jawai pada mata pelajaran IPA masih dibawah KKM (<65) khususnya pada materi ekosistem. Sehingga dibuttuhkan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 1 Jawai menggunakan pembelajaran kooperatif STAD berbasis jelajah alam sekitar (JAS). Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Research dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas VII E sebagai kelas STAD berbasis jelajah alam sekitar (JAS) dan kelas VII B sebagai kelas Outdoor Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai motivasi siswa yaitu (0,000<0,05) dan nilai hasil belajar siswa berdasarkan uji U-Mann Whitney yaitu (0,000<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD berbasis jelajah alam sekitar. Kata Kunci: Hasil Belajar, JAS, Kooperatif STAD, Motivasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpus Muhammadiyah Pontianak |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 02:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2019 02:38 |
URI: | http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/695 |
Actions (login required)
View Item |