PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA

ABDULLAH YAMANI NOOR, 141620327 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Skripsi Abdullah Yamani Noor.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abdullah Yamani Noor. 141620327. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Represetasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Dibimbing oleh FITRIANI, S.Si, M.Si, M.Sc dan DEDEH KURNIASIH S.Pd, M.Si Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar yang digunakan peserta didik pada materi Hukum Dasar Kimia yang memadukan konsep dan perhitungan kimia dengan menambahkan aspek Multiple Representasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Multiple Representasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model Borg and Gall menggunakan One-shot case study design, pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD Berbasis Multiple Representasi yang dikembangkan sangat valid dengan nilai kevalidan sebesar 97,36% untuk ahli materi dan sebesar 89,59% untuk ahli media. LKPD juga mendapat respon positif dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 95,58% untuk respon guru dan 88,64% untuk respon peserta didik dengan kriteria sangat praktis. LKPD ini telah efektif karena peserta didik tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 79,68%. Oleh karena itu, LKPD berbasis multiple representasi ini dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar bagi peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Multiple Representasi, Hukum Dasar Kimia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 03 Jan 2019 02:54
Last Modified: 03 Jan 2019 02:54
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item