ANALISIS PSIKOLOGI SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR IPA BIOLOGI DI MTS SIRATUL JANNAH KUBU RAYA

SYAHRONI, 141630229 (2018) ANALISIS PSIKOLOGI SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR IPA BIOLOGI DI MTS SIRATUL JANNAH KUBU RAYA. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PSIKOLOGI SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR IPA BIOLOGI DI MTS SIRATUL JANNAH KUBU RAY.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

SYAHRONI (141630229). Analisis Psikologi Belajar Mengajar IPA Biologi Di Mts Siratul Jannah Kubu Raya. Di Bawah Bimbingan: ARIF DIDIK KURNIAWAN,S.Pd, M,Pd, dan ARI SUNANDAR, M.Si. Berdasarkan hasil observasi di Mts Siratul Jannah didominasi siswa dengan keadaan keluarga yang dulu menjadi korban PHK sehingga mengakibatkan psikologis baik dari orang tua maupun siswa terganggu. Minimnya bimbingan serta kurangnya didikan dan perhatian dari orang tua saat mereka berada di rumah menjadi alasan yang pertama membuat siswa menjadi acuh terhadap pendidikannya selama di sekolah, kurangnya dorongan dari orang tua mereka untuk membimbing mereka supaya mempunyai keinginan untuk belajar saat berada di rumah. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 42 siswa kelas VIII Mts Siratul Jannah Kubu Raya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kemunikasi tidak langsung dan komunikasi langsung. Hasil penelitian menunjukan nilai klasikal pisikologi siswa dalam tingkatan sangat kuat sebanyak 14 siswa dan 28 siswa dengan tingkatan kuat. Indikator intelegensi 8 siswa termasuk tingkatan sangat kuat, 27 siswa dengan tingkatan kuat dan 7 siswa termasuk tingkatan cukup. Indikator sikap siswa 28 siswa termasuk tingkatan sangat kuat dan 14 siswa dngan tingkatan kuat. Indikator bakat 24 siswa termasuk tingkatan sangat kuat, 16 siswa dngan tingkatan kuat dan 2 siswa termasuk tingkatan cukup. Indikator minat 10 siswa termasuk tingkatan sangat kuat, 28 siswa dngan tingkatan kuat dan 4 siswa termasuk tingkatan cukup. Indikator motivasi 18 siswa termasuk tingkatan sangat kuat, 21 siswa dngan tingkatan kuat dan 3 siswa termasuk tingkatan cukup. Kesimpulan psikologi belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara klasikal memiliki tingkatan kuat dan sangat kuat. Kata kunci: Psikologi Belajar dan Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:11
Last Modified: 13 Dec 2018 03:11
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item