EFEKTIVITAS METODE DISKUSI KELOMPOK DAN SIMULATION GAME TERHADAP PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI INFEKSI MENULAR SEKSUAL (Studi pada Siswa SMAN 8 Pontianak Kalimantan Barat)

RIYAH NURULFALAH, 131510181 (2018) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI KELOMPOK DAN SIMULATION GAME TERHADAP PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI INFEKSI MENULAR SEKSUAL (Studi pada Siswa SMAN 8 Pontianak Kalimantan Barat). Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN SKRIPSI, 04 April 2018 RIYAH NURULFALAH EFEKTIVITAS METODE DISKUSI KELOMPOK DAN SIMULATION GAME TERHADAP PENINGATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI INFEKSI MENULAR SESUAL (STUDI PADA SISWA SMAN 8 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT) LXVII + 67 halaman + 14 tabel + 6 gambar + 13 lampiran Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang dapat menular baik melalui kontak hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, maupun melalui transfusi darah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pontianak Kota terjadi 506 kasus infeksi menular seksual, terdapat 105 kasus dengan usia 15-19 tahun. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan efektifitas antara metode Diskusi Kelompok dan Simulation Game terhadap pengetahuan dan sikap siswa kelas XI Mipa tentang infeksi menular seksual di SMAN 8 Pontianak tahun 2018. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan Non Randomized with Control Group. Sampel yang diambil sejumlah 76 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Pengumpulan data dengan metode pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan efektifitas antara metode Diskusi Kelompok dan Simulation Game terhadap peningkatan pengetahuan (0,000) dan sikap (0,005). Metode Simulation game lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap dibandingkan Diskusi Kelompok, karena mean skor Simulation Game lebih tinggi dibandingkan dengan Diskusi kelompok baik pada pengetahuan (68,68 > 57,63) dan sikap (65,92 > 71,84). Disaran pada pihak sekolah agar memasukan materi tentang infeksi menular seksual kedalam mata pelajaran atau melalui kegiatan konseling. Metode Simulation Game digunakan sebagai penyampaian materi infeksi menular seksual. Kata Kunci : Diskusi Kelompok, Simulation Game, Pengetahuan, dan Sikap Pustaka : 24 ( 2010-2018 )

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:22
Last Modified: 13 Dec 2018 02:22
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item