GAMBARAN PERILAKU REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI WARNET KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

PANG DEDI, 121510190 (2018) GAMBARAN PERILAKU REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI WARNET KECAMATAN PONTIANAK SELATAN. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
COVER-KATA PENGANTAR-DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN SKRIPSI, 18 AGUSTUS 2018 PANG DEDI GAMBARAN PERILAKU REMAJA PENGGUNA GAME ONLINE DI WARNET KECAMATAN PONTIANAK SELATAN xix + 115 halaman + 29 tabel + 3 gambar + 14 lampiran Bermain game online di warnet dapat memberikan dampak negatif bagi perilaku remaja, seperti anak jarang berkumpul dengan keluarga, ketagihan (adiksi), dan gangguan kesehatan pada mata, otak, pendengaran, pernapasan, dan pencernaan. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui gambaran perilaku remaja pengguna game online di warnet Kecamatan Pontianak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional. Jumlah sampel yang digunakan 97 orang dengan teknik purposive sampling, yaitu anak berumur 10-18 tahun yang bermain game online di 12 warnet Kecamatan Pontianak Selatan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki pengetahuan kurang baik (55,7%) tentang dampak negatif bermain game online di warnet bagi kesehatan. Sebagian besar responden memiliki sikap positif (53,6%) bermain game online di warnet, seperti mengatur jarak bermain, mengatur pencahayaan komputer, memperbanyak kedipan mata, mengatur volume headset, dan berhenti bermain jika sudah merasa lapar dan lelah. Waktu bermain responden lebih banyak dilakukan malam hari mulai pukul 18.00-24.00 WIB, bermain antara 3-5 jam perhari sebanyak 1-2 kali perhari. Jumlah uang jajan Rp 10.000-Rp 20.000 sehingga memengaruhi lama bermain karena tarif yang murah yaitu Rp 3.000-Rp 4.000 perjam. Teman sebaya berpengaruh besar terhadap perilaku bermain game online remaja di warnet. Disarankan kepada orangtua untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas anak, memberikan bimbingan dan pemahaman kepada anak tentang dampak bermain game online di warnet serta membatasi waktu bermain game online anak di warnet. Kata Kunci : Perilaku Remaja, Pengetahuan, Sikap, Waktu Bermain, Game Online, Warnet Pustaka : 61 (1996 – 2018)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:28
Last Modified: 12 Dec 2018 07:28
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item