PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARI QURAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS HURUF HIJAIYYAH DI RAUDHATUL ATHFAL BAWAMAI PONTIANAK

BERNI ANJARSARI, 111610233 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARI QURAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS HURUF HIJAIYYAH DI RAUDHATUL ATHFAL BAWAMAI PONTIANAK. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
1 cover 1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
5 BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

BERNI ANJARSARI. 111610233.Pengaruh Penggunaan Metode Jari Quran Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Terhadap Kemampuan Baca Tulis Huruf Hijaiyyah di Raudhatul Athfal Bawamai Pontianak. Dibimbing oleh Dr. MAWARDI, M.M dan Dr. MUNTAHA, M.M. Penelitian ini membahas Pengaruh Penggunaan Metode Jari Quran Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Terhadap Kemampuan Baca Tulis Huruf Hijaiyyah di Raudhatul Athfal Bawamai Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya baca tulis huruf hijaiyyah pada anak usia 4-5 tahun. Hal ini ditunjukkan dengan 15 anak dari 18 anak yang mengalami hambatan dalam Membaca dan menulis huruf hiajiyyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group pretest-Posttest. Lokasi penelitian ini dilakukan di Raudhatul Athfal Bawamai Pontianak. Sumber data adalah anak kelompok A dan guru kelompok A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan baca tulis huruf hijaiyyah meningkat secara signifikansi. Di mana jika dilihat nilai -t hitung -11,368 lebih kecil dibandingkan -t tabel -2,120, yang dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode jari quran pada anak Usia Dini 4-5 tahun terhadap kemampuan baca tulis huruf hijaiyyah di Raudhatul Athfal Bawamai Pontianak. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai kemampuan baca tulis huruf hijaiyyah dengan metode yang berbeda. Kata kunci: Kemampuan Baca Tulis Huruf Hijaiyyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:07
Last Modified: 10 Dec 2018 02:07
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item