PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA SWASTA SANTUN PONTIANAK

BUDI FIRMANSYAH, 141620485 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA SWASTA SANTUN PONTIANAK. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Skripsi Budi Firmansyah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

BUDI FIRMANSYAH (141620485). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Praktikum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI Ipa SMA Swasta Santun Pontianak. Dibawah Bimbingan DEDEH KURNIASIH, S.Pd, M.Si selaku Pembimbing I dan RIZMAHARDIAN ASHARI KURNIAWAN, S.Si, M.Si, M.Sc selaku Pembimbing II. Pembelajaran kimia dapat disampaikan dengan metode yang bervariasi salah satunya dengan metode inkuiri terbimbing. Proses pembelajaran inkuiri terbimbing melibatkan siswa berperan aktif karena adanya proses melaksanakan penelitian/percobaan. Menurut beberapa penelitian terdahulu, kemampuan berpikir kritis siswa kurang terlatih dikarenakan pembelajaran lebih berpusat kepada guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui praktikum terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan Posttest Only Control. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh menggunakan rangking kelas nilai kimia dengan cara nilai tertinggi bersanding dengan nilai terendah dijadikan satu kelas. Data dikumpulkan menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik observasi langsung. Hasil penelitian posttest menunjukkan bahwa kedua kelompok kelas dinyatakan tidak terdistribusi normal dan dilanjutkan dengan uji U-Mann Whitney. Hasil yang diperoleh angka signifikan sebesar 0,001 artinya lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis diketahui Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Perhitungan menggunakan effect size menunjukkan nilai 2,0 artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui praktikum berpengaruh tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 47,72%. Kata Kunci : berpikir kritis, inkuiri terbimbing, sifat koloid

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 03 Dec 2018 06:45
Last Modified: 03 Dec 2018 06:45
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item