UJI EFEKTIFITAS RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L ) SEBAGAI ANTI JAMUR (Saprolegnia sp) PADA IKAN TAWES (Borbodes gonionotus)

ANGGI SAPUTRA, 131110365 (2018) UJI EFEKTIFITAS RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L ) SEBAGAI ANTI JAMUR (Saprolegnia sp) PADA IKAN TAWES (Borbodes gonionotus). Other thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 PENGESAHAN DAN RINGKASAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN SKRIPSI ANGGI SAPUTRA: 131110365. Uji Efektifitas Rimpang Lengkuas (Alpinia Galanga L ) Sebagai Anti Jamur (Saprolegnia Sp) Pada Ikan Tawes (Borbodes Gonionotus) Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Basah (Wed lab) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muhammadiyah Pontianak yang terletak di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Waktu pelaksanaannya selama November – Desember 2017. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menentukan dosis ekstrak rimpang lengkuas yang efektif sebagai upaya menekan aktifitas patogenitas pada ikan tawes yang diuji tantang dengan jamu saprolegnia sp. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai sebagai informasi ilmiah tentang kosentrasi ekstrak rimpang lengkuas yang tepat untuk pengobatan ikan tawes yang diinfeksi jamur Saprolegnia sp Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan sesuai model Hanafiah (2012) dengan 5 perlakuan 3 ulangan adapun variasi perlakuan pengobatan ikan tawes melalui ekstrak rimpang lengkuas terhadap jamur saprolegnia sp adalah perlakuan A : 0 mg/l (Kontrol), perlakuan B : 25 mg/l, perlakuan C : 50 mg/l, perlakuan D : 75 mg/l dan perlakuan E : 100 mg/l. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Uji Efektifitas Rimpang Lengkuas (Alpinia galanga L) Sebagai Anti Jamur (Saprolegnia sp) Pada Ikan Tawes (Borbodes gonionotus) memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat kesembuhan dan kelangsungan hidup ikan tawes yang terinfeksi jamur saprolegnia sp, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian rimpang lengkuas sebagai pengobatan ikan tawes 100 mg/l memberikan pengaruh nyata terhadap perubahan bobot ikan tawes dengan nilai 2,04 gram, dan kelangsungan hidup sebesar 90,00 % serta penyembuhan luka pada ikan tawes yang terinfeksi jamur saprolegnia sp. ditandai ikan tawes mulai normal atau sembuh serta berkurangnya hypa pada tubuh ikan. Sedangkan kualitas air yang diamati selama penelitian cukup mendukung dalam kelangsungan hidup benih ikan tawes berkisar suhu 20-330 C, oksigen terlarut (DO) berkisar antara 5 – 7 mg/L, dan pH berkisar antara 6,7 - 8,6.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Prodi Budidaya Perairan
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:04
Last Modified: 03 Dec 2018 04:04
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item