PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA SMAN 2 SUNGAI RAYA

SUPIAWATI, 131620234 (2017) PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA SMAN 2 SUNGAI RAYA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SUPIAWATI_131620234_UM_PONTIANAK.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

SUPIAWATI. 1316201234. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMAN 2 Sungai Raya. Di bimbing oleh RIZMAHARDIAN ASHARI KURNIAWAN, S.Si., M.Si., M.Sc dan TUTI KURNIATI, S.Pd, M.Si. Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Sungai Raya pada mata pelajaran kimia memiliki persentase ketuntasan tidak mencapai 70%, khususnya pada materi hidrolisis garam persentase ketuntasan hanya 48,83%. Rendahnya sikap ilmiah siswa menjadi salah satu faktor minimnya hasil belajar yang diperoleh, sehingga dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan besarnya pengaruh metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan rancangan nonequivalent control group design untuk mengetahui hasil belajar siswa dan oneshot case study untuk observasi sikap ilmiah siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan, tes hasil belajar, dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data menggunakan uji non-parametrik U-Mann Whitney menunjukan terdapat perbedaan sikap ilmiah yaitu 0,00 < 0,05 dan hasil belajar yaitu 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Effect size yang diperoleh untuk sikap ilmiah dan hasil belajar siswa adalah 2,47 dan 1,99 yang termasuk dalam kriteria tinggi. Pembelajaran menggunakan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa sebesar 99,32% dan hasil belajar siswa sebesar 97,67%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Hidrolisis Garam, Inkuiri Terbimbing, Metode Praktikum, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:44
Last Modified: 01 Aug 2018 02:44
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item