IMPLEMENTASI PRAKTIKUM INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 FILIAL PONTIANAK

SHELLA RUPADI SANDRA DEW, 131620327 (2017) IMPLEMENTASI PRAKTIKUM INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 FILIAL PONTIANAK. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Proposal Skripsi 1.pdf

Download (7MB)

Abstract

SHELLA RUPADI SANDRA DEWI. 131620327. Implementasi Praktikum Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Stoikiometri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 02 Filial Pontianak. Dibimbing oleh RIZMAHARDIAN A.K, M.Sc dan TUTI KURNIATI, S.Pd, M.Si. Metode praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Keterampilan proses sains siswa kurang nampak pada pelajaran kimia karena tidak pernah dilakukannya kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa saat melakukan praktikum inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah melakukan praktikum inkuiri terbimbing berbasis lingkungan. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain One-group Pretest-Postest dan One-Shot Case Study. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengukuran, observasi dan wawancara menggunnakan tes hasil belajar, lembar observasi keterampilan proses sains dan pedoman wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi praktikum inkuiri terbimbing berbasis lingkungan yang dilakukan di MAN 02 Filial Pontianak berhasil meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari keterampilan proses sains siswa menunjukkan peningkatan dalam tiap aspek keterampilan pada pertemuan I dan pertemuan II dengan nilai rata-rata keseluruhan 63,31 menjadi 91,65. Berdasarkan data nilai hasil belajar siswa pada pertemuan I dan pertemuan II diperoleh nilai gain sebesar 0,6 (kategori sedang) menjadi 0,8 (kategori tinggi). Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi pelaksanaan kegiatan praktikum di sekolah yang tidak memiliki alat dan bahan yang memadai. Kata Kunci : Implementasi, Inkuiri Terbimbing, Praktikum Berbasis lingkungan, Keterampilan Proses Sains, Stoikiometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:26
Last Modified: 01 Aug 2018 02:26
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item