PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PONTIANAK

SELVIANA SAFITRI, 131620292 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PONTIANAK. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
1 COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN SELVI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 SKRIPSI SELVIANA SAFITRI BAB 1-5.pdf

Download (701kB)

Abstract

SELVIANA SAFITRI. 131620292. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pontianak. Dibimbing oleh RIZMAHARDIAN A.K., M.Sc dan RAUDHATUL FADHILAH, S.Pd, M.Si Motivasi dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS dan metode ceramah pada materi koloid serta besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik yang dipilih untuk mengumpulkan data yaitu teknik pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS pada materi koloid. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa masing-masing sebesar 96,64% dan 98,71%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : hasil belajar, koloid, motivasi belajar, TGT, TTS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:23
Last Modified: 01 Aug 2018 02:23
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item