PENGARUH PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI REDOKS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOPERASI PONTIANAK

RETNO ANJAR KUSUMA, 131620155 (2017) PENGARUH PENDEKATAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI REDOKS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOPERASI PONTIANAK. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RETNO ANJAR KUSUMA_131620155.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

RETNO ANJAR KUSUMA. 131620155. Pengaruh Pendekatan Modification of Reciprocal Teaching Pada Materi Redoks Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Koperasi Pontianak. Dibimbing oleh TUTI KURNIATI, S.Pd., M.Si dan RIZMAHARDIAN.A.K., M.Sc. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktivitas belajar siswa di dalam kelas dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi reduksi oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran modification of reciprocal teaching dengan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori dan seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan pendekatan modification of reciprocal teaching pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling didapatkan kelas XA sebagai kelas kontrol dan XB sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, observasi dan komunikasi langsung. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar, lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data menggunakan uji non-parametrik U-Mann Whitney menunjukankan terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa dan berdasarkan analisis data menggunakan uji parametrik Uji-T menunjukankan terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan SPSS 22,0 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan modification of reciprocal teaching dengan pendekatan ekspositori. Nilai effect size yang diperoleh untuk aktivitas dan hasil belajar siswa adalah 1,41 dan 2,41 yang termasuk dalam kriteria tinggi, berpengaruh sebesar 92,07% terhadap aktivitas belajar siswa dan 99,20% terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan modification of reciprocal teaching berpengaruh besar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, modification of reciprocal teaching, redoks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:58
Last Modified: 30 Jul 2018 02:58
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item