ANALISIS PRILAKU SIRKUMSISI PADA PRIA ETNIS DAYAK KANAYATN DI DESA PUNGGUR KAPUAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2015

BUDI SORONO, 111510687 (2016) ANALISIS PRILAKU SIRKUMSISI PADA PRIA ETNIS DAYAK KANAYATN DI DESA PUNGGUR KAPUAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2015. Diploma thesis, UM Pontianak.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.Abstrak bahasa Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Sirkumsisi merupakan salah satu tindakan bedah minor dengan prinsip sirkumsisi adalah membuang sebagian/seluruh kulup yang menutupi Glans Penis dengan tujuan tertentu. Prevalensi sirkumsisi di Indonesia 10,2 juta penduduk melakukan sirkumsisi. Di Kalbar data prevalensi sirkumsisi masih belum ada. Hasil observasi di dapatkan bahwa dari 10 responden diketahui 6 diantaranya melakukan sirkumsisi. Faktor yang mempengaruhi tindakan sirkumsisi diantaranya Usia, pendidikan, efikasi diri, nilai yang diharapkan, kompleksitas, dan tekanan sosial.: ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan, usia, nilai yang diharapkan, efikasi diri, kompleksitas dan tekananJenis penelitian ini adalah Survey yang bersifat deskriftif. sampel dalam penelitian ini sebesar 84 orang dengan menggunakan rumus statistik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportional random sampling dan analisis data yang digunakan adalah analisa univariat. Dari 84 sampel yang diambil didapatkan bahwa tingkat pendidikan responden yang paling banyak adalah SMP sebesar 34,5%, usia > 35 tahun sebesar 77,4%, Nilai yang diharapkan kurang baik 59,5%, Efikasi diri kurang mendukung 61,9%, kompleksitas rumit 67,9% dan tekanan jaringan kurang baik sebesar 59,5% Saran: Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya untuk memprioritaskan masalah sirkumsisi dalam rencana strategis Dinas Kesehatan baik berupa pendataan maupun seminar dan pelatihan. Kepada Lintas sektor disarankan agar bekerja sama untuk memfassilitasi masyarakat yang tidak melakukan sirkumsisi melalui kegiatan sunat masal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email repository@unmuhpnk.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:06
Last Modified: 10 Dec 2016 06:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item