PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI SINGING GAMES DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN

MARIAMAH, 131610233 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI SINGING GAMES DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
9. BAB l.pdf

Download (185kB)

Abstract

MARIAMAH (131610233)“Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Singing Games di Taman Kanak-kanak Islam AL Kautsar Pontianak Selatan”. Dibimbing oleh Hj. Diana, S.Pd.I, M.Pd. dan Yuniarti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam menyampaikan informasi secara lisan melalui pikiran dan perasaannya kepada orang lain, anak belum mampu mengkomunikasikan yang menjadi keinginan, dan merangkai kosakata yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: Perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui singing games. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenisnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian yaitu anak kelas A2 Pada Taman Kanak-kanak Islam Al Kautsar, Pontianak Selatan dengan jumlah 16 anak. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara bertahap pada peningkatan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui singing games terlihat dari indikator yang diamati pada kegiatan anak menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas, anak menggunakan kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anak atau orang dewasa untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa, dan anak bertanya dengan menggunakan lebih dari dua kata tanya seperti: Apa, mengapa, bagaimana, di mana. Dari hasil penelitian kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui singing games terdapat peningkatan mencapai 100%., sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan dengan melalui singing games dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di Taman Kanakkanak Islam Al Kautsar Pontianak Selatan. Kata kunci: Singing, Games, Kemampuan, Berbicara, Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan PG PAUD
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 23 Jul 2018 03:02
Last Modified: 23 Jul 2018 03:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item