GEMBANGAN LKS KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS HIERARKI KONSEP DI KELAS XI IPA MAN KUBU RAYA

LYA DENI PRILIANTI, 131620471 (2017) GEMBANGAN LKS KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN BERBASIS HIERARKI KONSEP DI KELAS XI IPA MAN KUBU RAYA. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
1_SKRIPSI.pdf

Download (10MB)

Abstract

LYA DENI PRILIANTI. 131620471. Pengembangan LKS Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Hierarki Konsep di Kelas XI IPA MAN Kubu Raya. Dibimbing oleh DEDEH KURNIASIH, S.Pd, M.Si dan FITRIANI, S.Si, M.Si, M.Sc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber belajar yang digunakan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang memadukan konsep dan perhitungan belum dapat dipahami dengan mudah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Berbasis Hierarki Konsep pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN Kubu Raya yang valid, praktis, dan efektif. Kevalidan diukur dari penilaian validator dari aspek materi, media, dan bahasa menggunakan lembar validasi. Kepraktisan diukur dari respon guru dan siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS berbasis hierarki konsep. Keefektifan diukur dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS berbasis hierarki konsep. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg & Gall, namun melalui pertimbangan tertentu peneliti hanya mengambil 7 dari 10 tahapan yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa LKS Berbasis Hierarki Konsep yang dikembangkan valid dengan nilai kevalidan sebesar 1,00 dan berada pada kriteria sangat tinggi. LKS juga mendapat respon positif dari siswa dan guru dengan nilai sebesar 81,77% dan 85,71% yang masuk pada kriteria sangat baik pada uji coba lapangan awal serta sebesar 84,57% dan 92,86% dengan kriteria sangat baik pada uji coba lapangan utama, dan LKS ini telah efektif karena siswa tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 75%. Oleh karena itu, LKS berbasis hierarki konsep ini dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa. Kata Kunci: LKS, hierarki konsep, kelarutan dan hasil kali kelarutan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:59
Last Modified: 23 Jul 2018 02:59
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item