ANALISIS KEPUASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BENGKAYANG

HERLINA SEENG, 101310715 (2016) ANALISIS KEPUASAN SISWA DI SMA NEGERI 1 BENGKAYANG. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Lembar Pengesahan.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I seeng.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa di SMA Negeri 1 Bengkayang. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan maka yang menjadi tujuan di dalam penelitian yang hendak dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui kepuasan siswa di SMA Negeri 1 Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah semua siswa SMA Negeri 1 Bengkayang pada Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 535 siswa. Jumlah sampel yang di tentukan penulis adalah 100 responden. sedangkan disini penulis menggunakan Salah satu teknik analisa data untuk menganalisa kepuasan pelanggan atau konsumen adalah dengan menggunakan Diagram Kartesius. Merupakan rata-rata dari rata-rata skor tingkat pelaksanaan atau kepuasan pelanggan seluruh faktor atau atribut X merupakan tingkat kinerja perusahaan yang dapat memberikan kepentingan para pelanggan, sedangkan Y adalah rata- rata dari rata-rata skor tingkat kepuasan seluruh faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Dengan jumlah nilai kepentingan (Y) adalah 4,22 dan nilai kepuasan (X) adalah 4,28 yang dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri 1 Bengkayang puas dengan apa yang diterapkan. Pada dimensi Reliability (keandalan) dengan nilai kepentingan (X) sebesar 4,31 dan nilai kepuasan (Y) adalah 4,32 berada pada kuadran B dapat disimpulkan bahwa responden sebagian besar memilih pernyataan pada fektor penerapan peraturan sekolah telah diterapkan dengan adil, dan pernyataan guru menguasai materi pelajaran yang diampuh dan responden puas. Dimensi Responsiveness (ketanggapan) dengan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,23 dan nilai kepuasan (X) sebesar 4,25 serta dimensi tangible (bukti fisik) dengan nilai kepentingan (Y) sebesar 4,25 dan nilai kepuasan (X) sebesar 4,26, berada pada kuadran A yang dapat diartikan dimensi tersebut merupakan dimensi yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen dan pelaksanaannya oleh SMA Negeri 1 Bengkayang belum sesuai keinginan responden sehingga mengecewakan/tidak puas.Dan responden sebagaian besar memilih pernyataan faktor penerapan tenaga perpustakaan mampu melayani siswa dengan baik, serta pernyataan guru ramah melayani siswa ketika berkonsultasi. Responden sebagian besar memilih pernyataan faktor penerapan fasilitas olahraga yang lengkap, dan lingkungan sekolah yang bersih. Dimensi Assurance (jaminan) dan emphaty (empati) berada pada kuadran D bahwa responden sebagian besar memilih pernyataan pada penerapan mata pelajaran yang di peroleh bermanfaat untuk meningkatkan potensi diri,dan pernyataan karyawan menangani siswa dengan sopan dan ramah. Dapat dilihat dari hasil nilai kepentingan (X) sebesar 4,11 dan nilai kepuasanya (Y) adalah 4,28 sedangkan renponden sebagian besar memilih pernyataan pada pelayanan yang diberikan kepada semua siswa tanpa memandang status sosial orang tuanya, dan kemudahan siswa dalam berkomunikasi dengan guru dengan nilai kepentingan (X) 4,18 sedangkan nilai kepuasanya (Y) adalah 4,28 dari hasil tersebut responding ternyata puas. Dari keseluruh nilai rata-rata kepentingan (Y) adalah 4,22 sedangkan nilai rata-rata kepuasan (X) adalah 4,28 sehingga dapat diberi kesimpulan bahwa SMA Negeri 1 Bengkayang puas dengan pelayanan yang diberikan . Kata Kunci : Kepuasan Siswa Keandalan (Reliability) Daya Tanggap (Responsivness) Jaminan (Assurance) Empati (Empathy) Berwujut (Tangible)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:11
Last Modified: 23 Jul 2018 02:11
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item