EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI REAKSI PENGENDAPAN DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

GUSTIAH, 131620357 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SUB MATERI REAKSI PENGENDAPAN DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
CAVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR DAN DAFFTAR ISI jilid.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh suatu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Salah satu pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah pendekatan inkuiri terbimbing. Berdasarkan tahap-tahapnya dapat dilihat bahwa model inkuiri terbimbing lebih menekankan pada penemuan dan penguasaan konsep melalui proses eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada sub materi reaksi pengendapan dan besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design atau eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Pengumpulan data menggunakan metode test dan observasi. Analisis data menggunakan SPSS 17,0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, terdapat perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran langsung. Perhitungan menggunakan Effect Size diperoleh nilai ES = 2,44 dengan kategori tinggi sehingga diperoleh persentase sebesar 49,27%, artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Kata Kunci : hasil belajar, inkuiri terbimbing, reaksi pengendapan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:37
Last Modified: 19 Jul 2018 03:37
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item