RECIPROCAL TEACHING (RT) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP METAKOGNISI, HASIL BELAJAR DAN RETENSI DI SMA NEGERI 1 RASAU JAYA

FIDIYA DAWIANTI, 131630434 (2017) RECIPROCAL TEACHING (RT) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP METAKOGNISI, HASIL BELAJAR DAN RETENSI DI SMA NEGERI 1 RASAU JAYA. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FIDIYA DAWIANTI_131630434.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

FIDIYA DAWIANTI (131630434). Implementasi Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis Lesson Study terhadap Metakognisi, Hasil Belajar dan Retensi di SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Dibimbing oleh NURI DEWI MULDAYANTI, M.Pd dan MAHWAR QURBANIAH, M.Si. Jarangnya penggunaan model pembelajaran selain metode ceramah dan diskusi mengakibatkan kesadaran metakognisi, hasil belajar dan retensi siswa yang tidak sesuai harapan, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognisi, hasil belajar dan retensi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis Lesson Study dan model Konvensional berbasis Lesson Study pada sub materi Mollusca kelas X-MIA di SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Bentuk penelitian ini Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelas Konvensional dan kelas X MIA 2 sebagai kelas Reciprocal Teaching. Alat pengumpulan data kesadaran metakognisi menggunakan angket MAI (Metakognitive Awareness Inventory), sedangkan hasil belajar dan retensi menggunakan soal Posttest dan Retest. Diperoleh angka signifikansi hasil Uji hipotesis U-Mann Whitney kesadaran metakognisi sebesar (0,008<0,05), hasil belajar (0,000<0,05) dan retensi (0,036<0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bawah terdapat perbedaan kesadaran metakognisi, hasil belajar dan retensi siswa yang diajarkan menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis Lesson Study dengan model Konvensional berbasis Lesson Study. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Lesson Study, Metakognisi, angket MAI, Hasil Belajar, Retensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:17
Last Modified: 19 Jul 2018 03:17
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item