PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MULOK AGAMA ISLAM DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 02 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DEVI, DEVI (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MULOK AGAMA ISLAM DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 02 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Devi (121410317): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mulok Agama Islam di Kelas XI IPS SMA Negeri 02 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Pontianak. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Ali Hasmy, M.Si, selaku pembimbing I dan Ibu Wahdah, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mulok Agama Islam di Kelas XI IPS SMA Negeri 02 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Mulok Agama Islam. oleh karena itu diperlukan strategi pembelajran baru yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendapatkan kejelasan mengenai korelasi antara hasil belajar Mulok Agama Islam pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 02 Sungai Raya Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis postest kedua kelas diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mulok Agama Islam materi hukum bacaan mad yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) di kelas X IPS SMA Negeri 02 Sungai Raya. Besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mulok Agama Islam di SMA Negeri 02 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2016/2017 adalah 80,3% atau termasuk kategori tinggi Kata Kunci: Hasil Belajar, Mulok Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: - Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus Muhammadiyah Pontianak
Date Deposited: 19 Jul 2018 01:18
Last Modified: 03 Jan 2024 07:57
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item