Penerapan Strategi Umpan Balik untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mareti Sistem Gerak Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 20 Pontianak

HANIK, UMI and EKA SETIADI, ANANDITA and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2016) Penerapan Strategi Umpan Balik untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mareti Sistem Gerak Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 20 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
UMI_HANIK.pdf

Download (370kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru biologi SMP Negeri 20 Pontianak, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem gerak manusia. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan strategi umpan balik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesulitan belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi umpan balik pada materi sistem gerak pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pontianak sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata persentase kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem gerak manusia dari 78 siswa yang mengikuti pretest adalah 50,38%. Setelah dilakukan penerapan strategi umpan balik rata-rata persentase kesulitan siswa menjadi 35,60% Artinya jumlah siswa yang mengalami kesulitan berkurang hingga 14,28%. Penerapan strategi umpan balik dalam penelitian ini mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, penerapan strategi umpan balik, materi sistem gerak manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 23 Jun 2017 04:13
Last Modified: 23 Jun 2017 04:13
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item