Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2014/2015

PUJI ASTUTI, SRI and EKA SETIADI, ANANDITA and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2016) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Negeri 1 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2014/2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
SRI PUJI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi klasifikasi makhluk hidup merupakan materi yang terdapat banyak subkonsep yang harus dipelajari oleh siswa. Diperlukan suatu analisis terhadap masalah miskonsepsi siswa agar tujuan dari pembelajaran bisa terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 1 Rasau Jaya tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Rasau Jaya tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling. Miskonsepsi dianalisis dengan menggunakan tes diagnostik pilihan ganda beralasan, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan siswa mengalami miskonsepsi pada subkonsep pengertian dan ciri-ciri makhluk hidup dengan presentase 67.9%, pada subkonsep tingkat takson dalam klasifikasi makhluk hidup dengan persentase 58.4%, pada subkonsep struktur dan fungsi mikroskop dengan persentase 56.7%, pada subkonsep ciri-ciri kelompok makhluk hidup mikroskopis dan makroskopis dengan persentase 67.3%, pada subkonsep ciri-ciri kelompok fungi dan kelompok tumbuhan dengan persentase 64%, pada subkonsep tumbuhan berbiji dengan persentase 48.9%, pada subkonsep makhluk hidup avertebrata dengan persentase 67.8%, dan pada subkonsep makhluk hidup vertebrata dengan persentase 60%. Hasil wawancara menunjukkan penyebab miskonsepsi pada siswa adalah prakonsepsi, minat belajar, pemikiran asosiatif, reasoning yang tidak lengkap atau salah, perkembangan kognitif siswa, konteks berupa pengalaman, konteks berupa teman, cara mengajar guru, kemampuan Siswa. Kesimpulan siswa mengalami miskonsepsi paling tinggi pada subkonsep pengertian dan ciri-ciri makhluk hidup dengan presentase 67.9%, dengan penyebab miskonsepsi pada siswa adalah prakonsepsi, minat belajar, pemikiran asosiatif, reasoning yang tidak lengkap atau salah, perkembangan kognitif siswa, konteks berupa pengalaman, konteks berupa teman, cara mengajar guru, kemampuan Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan, Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 23 Jun 2017 04:10
Last Modified: 23 Jun 2017 04:10
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item