Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya

PAJAR MELATI, PUTRI and EKA SETIADI, ANANDITA and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2016) Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
PUTRI_PAJAR_MELATI.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belum tuntas pada materi sel. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan, mendeskripsikan jenis kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi sel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu XIIPA 1 berjumlah 29 siswa dan XIIPA 2 berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran berupa tes diagnostik dan teknik komunikasi tidak langsung berupa angket. Hasil dari penelitian menunjukkan dari 31 siswa kelas XI IPA 2 yang mengikuti tes, 21 siswa mengalami kesulitan dan 10 siswa yang tidak mengalami kesulitan. Jenis kesulitan tertinggi yang dialami siswa terletak pada kesulitan memahami konsep komponen kimia penyusun sel, fungsi sel hewan dan sel tumbuhan masing-masing 95,23%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal untuk aspek minat yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi sel yaitu sebesar 49,17%, aspek motivasi 51,72%, aspek kemampuan kognitif 51,78%, aspek kesiapan 48,80% termasuk kategori sedang, dan untuk aspek kesehatan sebesar 70,82% termasuk kategori tinggi. Persentase faktor eksternal untuk aspek pengertian orang tua, guru, sarana/prasarana dan lingkungan alami yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi sel yaitu sebesar 86,30%-69,04% termasuk kategori tinggi. Kesimpulannya 21 siswa mengalami kesulitan dan 10 siswa tidak mengalami kesulitan, jenis kesulitan yang dialami yaitu kesulitan konsep dan istilah, faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin3 UM PTK
Date Deposited: 22 Jun 2017 14:44
Last Modified: 22 Jun 2017 14:44
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item