Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 4 Pontianak.

MELVANI, ENI and DIDIK KURNIAWAN, ARIF and EKA SETIADI, ANANDITA (2015) Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMP Negeri 4 Pontianak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
eni melvani.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar dalam penelitian ini yaitu ditandai dengan nilai ulangan harian siswa kelas VIII G yang belum mencapai KKM yaitu sebesar 75 di SMP Negeri 4 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pontianak dalam mempelajari mata pelajaran IPA biologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 4 Pontianak yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan 70,1% siswa mengalami kesulitan belajar karena faktor internal. Faktor internal meliputi indikator jasmaniah dan psikologis. Hasil persentase 67,09% siswa mengalami kesulitan belajar karena jasmaniah dan 73,11% siswa mengalami kesulitan belajar karena psikologis. Selanjutnya didapat 73,61% siswa mengalami kesulitan belajar karena faktor eksternal. Faktor eksternal meliputi indikator keluarga, sekolah dan masyarakat. Hasil persentase 74,83% siswa mengalami kesulitan belajar karena keluarga, 76,12% siswa mengalami kesulitan belajar karena sekolah dan 69,89% siswa mengalami kesulitan belajar karena masyarakat. Terakhir didapat 60,31% siswa mengalami kesulitan belajar karena faktor pendekatan belajar. Faktor pendekatan belajar meliputi indikator pendekatan belajar achieving, surface dan deep. Hasil persentase 62,9% siswa mengalami kesulitan belajar karena pendekatan achieving, 50,64% siswa mengalami kesulitan belajar karena pendekatan surface dan 67,41% siswa mengalami kesulitan belajar karena pendekatan deep. Berdasarkan hasil tersebut faktor yang mendominasi kesulitan belajar terdapat pada faktor internal dari psikologis berupa minat, faktor eksternal dari sekolah berupa fasilitas dan faktor pendekatan belajar dari pendekatan belajar deep berupa ketertarikan yang mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Keslutian Belajar dan IPA Biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 21 Jun 2017 21:59
Last Modified: 21 Jun 2017 21:59
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item