PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ANTI SEKS BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

DEWI, SURAHMI and EKA SETIADI, ANANDITA and HERIANSYAH, HERIANSYAH (2016) PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ANTI SEKS BEBAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
dewi.pdf

Download (921kB)

Abstract

Materi sistem reroduksi manusia dalam pembelajaran biologi adalah salah satu materi yang dapat membantu dalam mengembangkan sikap anti seks bebas peserta didik remaja kelas IX. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran biologi materi sistem reproduksi yang dapat mengembangkan sikap anti seks bebas peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Sungai Kakap sebanyak 104 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Perencanaan pembelajaran disusun dalam bentuk RPP yang meliputi 3 langkah pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pembelajaran Biologi materi sistem reproduksi menggunakan metode diskusi. Pemberian nilai moral dalam mengembangkan sikap anti seks bebas tidak tercantum dalam RPP, tetapi terungkap pada wawancara. Hasil pelaksanaan, pemberian pesan atau nilai-nilai moral terdapat pada penjelasan dibagian sub bab kehamilan, menstruasi, dan penyakit sistem reproduksi. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan berdasarkan wawancara. Hasil persentase untuk sikap anti seks bebas peserta didik setelah pembelajaran dapat dilihat berdasarkan aspek biologis yaitu peserta didik mempunyai dorongan untuk menghindari dan mengendalikan diri terhadap seks bebas sebesar yaitu 88,73 %, aspek psikologis yaitu peserta didik mampu menghindari dan mampu menilai perilaku seks bebas sebesar 88,37 % dan aspek sosial yaitu pandangan positif peserta didik terhadap anti seks bebas serta kepatuhan terhadap norma untuk tidak melakukan perilaku seksual sebesar 86,93 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Reproduksi, Sikap anti Seks Bebas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 21 Jun 2017 15:22
Last Modified: 21 Jun 2017 15:22
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item