Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sajad Kabupaten Sambas

WULANDARI, WELSA and EKA SETIADI, ANANDITA and MULDAYANTI, NURI DEWI (2015) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 1 Sajad Kabupaten Sambas. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
WELSA WULANDARI.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan guru untuk memperbaiki pembelajaran Biologi di kelas VIII SMP Negeri 1 Sajad Kabupaten Sambas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar siswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian pada siklus I pencapaian persentase keaktifan siswa sebesar 58,62% dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 68,96%, pada siklus II pencapaian persentase keaktifan siswa sebesar 76,66% dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 83,33%. Dapat disimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, aktivitas, hasil belajar, sistem pencernaan manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:37
Last Modified: 20 Jun 2017 08:37
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item