Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak

WAHYUDI, WAHYUDI and MULDAYANTI, NURI DEWI and QURBANIAH, MAHWAR (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
WAHYUDI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Kesulitan belajar pada materi sistem pencernaan manusia terjadi pada kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak yang ditandai dengan nilai ulangan harian di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Pontianak sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, komunikasi tidak langsung,dan komunikasi langsung. Hasil penelitian menunjukan persentase pengaruh faktor internal aspek fisiologis dengan indikator motivasi sebesar 13,09 minat sebesar 13,34%, aspek psikologis dengan indikator kesehatan sebesar 25,66%, kebiasaan belajar sebesar 21,22%. Faktor eksternal aspek orang tua indikator dukungan sebesar 0,78%, materi sebesar 14,45%, aspek sekolah dengan indikator metode sebesar 36,67%, indikator media sebesar 48,67%, sedangkan pada aspek masyarakat untuk indikator televisi sebesar 44,45%, dan pergaulan sebesar 37,27%. Berdasarkan hasil tersebut faktor yang mendominasi mempengaruhi kesulitan belajar terdapat pada faktor internal indikator kesehatan dan faktor eksternal indikator media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Faktor kesulitan belajar, internal dan eksternal, sistem pencernaan manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:34
Last Modified: 20 Jun 2017 08:34
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item