Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Biologi) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak

WAHDINIAH, WAHDINIAH and MUKTI RAHAYU, HANUM and MULDAYANTI, NURI DEWI (2015) Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA (Biologi) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
WAHDINIAH.pdf

Download (245kB)

Abstract

Setiap siswa di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak tentu memiliki gaya dan cara belajarnya masing-masing dalam upaya mempelajari materi pelajaran. Untuk itu identifikasi terhadap gaya belajar masing-masing siswa dilakukan, agar guru dapat menerapkan variasi metode pelajaran yang sesuai dengan setiap gaya belajar siswa-siswa di kelas. Fokus penelitian adalah gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA (Biologi) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian studi survei, melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Hasil angket untuk menentukan kelompok-kelompok siswa berdasarkan gaya belajarnya masing-masing menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual berjumlah 13 orang, siswa dengan gaya belajar auditorial berjumlah 17 orang dan siswa dengan gaya belajar kinestetik berjumlah 12 orang. Penataan terhadap siswa ke dalam kelompok sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing, ditujukan untuk mempermudah proses pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kelas VIII G SMP Negeri 14 Pontianak, lebih banyak siswa dengan tipe gaya belajar auditorial atau menyenangi cara belajar yang mengutamakan pendengaran atau mendengarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA (Biologi) materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak bervariasi. Artinya, siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak melakukan kegiatan belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Gaya Belajar, Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:28
Last Modified: 20 Jun 2017 08:28
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item