Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Biologi dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya

SURIYANI, SURIYANI and QURBANIAH, MAHWAR and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2015) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Biologi dalam Mendorong Motivasi Belajar Siswa di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
SURIYANI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi akan pentingnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru karena akan membantu terwujudnya tujuan pembelajaran yang baik, dan guru yang mempunyai kompetensi pedagogik akan mampu menciptakan lingkungan belajar efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelas serta mampu mendorong motivasi belajar siswa. Kompetensi ini harus dimiliki setiap guru agar tercapai keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar. Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam mendorong motivasi belajar biologi siswa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Permendiknas nomor 16 tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian diperoleh, Yaitu 1). Guru dapat menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, 2). Guru dapat menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran yang mendidik, 3). Guru sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, 4). Guru sudah mengembangkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, 5). Guru dapat berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, pada umumnya sudah dilaksanakan dengan baik. Hasil angket motivasi belajar siswa terkait pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu sangat baik diketahui dari hasil angket yang telah disebar ke seluruh siswa kelas X, dimana kelas sains 1 dengan rata-rata 77.62%, sains 2 78.73%, dan kelas sosial (lintas minat) 83.09%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa guru telah menguasai kompetensi pedagogik sehingga dapat mendorong motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, Guru biologi, Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 08:09
Last Modified: 20 Jun 2017 08:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item