Efektifitas Model Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII MTs. Negeri 1 Pontianak

INDRAWATI, INDRAWATI and QURBANIAH, MAHWAR and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2015) Efektifitas Model Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII MTs. Negeri 1 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
INDRAWATI__.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan guru masih belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian tahun 2013/2014 dengan KKM (78). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara yang diajarkan dengan model Advance Organizer berbasis peta konsep dengan model konvensional berbasis peta konsep pada materi sistem gerak manusia; besarnya pengaruh penggunaan model Advance Organizer berbasis peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pontianak pada materi sistem gerak manusia dan mengetahui efektifitas model Advance Organizer berbasis peta konsep berdasarkan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil uji U Mann-Whitney data gain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan Effect Size, model Advance Organizer berbasis peta konsep memberikan pengaruh terhadap persentase peningkatan hasil belajar sebesar 58.9%. Hal ini menunjukkan model Advance Organizer berbasis peta konsep lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional berbasis peta konsep dan memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model advance organizer, peta konsep, sistem gerak manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:02
Last Modified: 20 Jun 2017 04:02
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item