Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya Tahun Ajaran 2014/2015.

KUSNANI, KUSNANI and MULDAYANTI, NURI DEWI and MUKTI RAHAYU, HANUM (2015) Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
KUSNANI.pdf

Download (258kB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Sungai Raya pada mata pelajaran biologi masih rendah, hal ini dilihat dari rendahnya nilai ulangan akhir semester ganjil dengan persentase ketuntasan 29,02%. Ulangan akhir semester ganjil yang telah diujikan kepada siswa tidak pernah dianalisis sehingga membuat hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan guru. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal ulangan akhir semester ganjil pelajaran biologi kelas X MIA SMA Negeri 1 Sungai Raya tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik pengukuran dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dan lembar jawaban siswa dan pedoman wawancara. Teknik Analisis data menggunakan program ANATESTV4. Hasil penelitian dari segi validitas item yaitu soal ulangan akhir semester ganjil kelas X MIA yang valid sebanyak 15 soal (30%,) reliabilitas yaitu 0,69. Tingkat kesukaran item menunjukkan soal yang mudah 6 soal (12%), sedang 41 soal (82%) dan sukar 3 soal (6%). Daya pembeda item menunjukkan soal yang jelek 17 soal (34%), sedang 23 soal (46%) dan baik 10 soal (20%). Soal ulangan akhir semester ganjil dapat disimpulkan yaitu memiliki validitas yang rendah, reliabilitas cukup, tingkat kesukaran baik dan daya pembeda baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal, soal ulangan akhir semester, biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 14:18
Last Modified: 19 Jun 2017 14:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item