Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Divisi Spermatophyta di Kelas VII MTs. Negeri 2 Pontianak

JULIANTI, JULIANTI and QURBANIAH, MAHWAR and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Divisi Spermatophyta di Kelas VII MTs. Negeri 2 Pontianak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img]
Preview
Text
JULIANTI.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran dan media yang digunakan masih belum dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dilakukan upaya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media 3 Dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) menggunakan media 3 dimensi dengan model konvensional menggunakan media 3 dimensi pada materi divisi spermatophyta di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney data posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media 3 dimensi. Berdasarkan perhitungan Effect Size, model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi memberikan pengaruh sebesar 55,4% dengan kategor tinggi. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi divisi spermatophyta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe STAD, media 3 dimensi, Spermatophyta, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 14:09
Last Modified: 19 Jun 2017 14:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item