Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Divisi Spermatophyta di Kelas VII MTs. Negeri 2 Pontianak

JULIANTI, JULIANTI and QURBANIAH, MAHWAR and DIDIK KURNIAWAN, ARIF (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Divisi Spermatophyta di Kelas VII MTs. Negeri 2 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
JULIANTI.pdf

Download (309kB)

Abstract

Model pembelajaran dan media yang digunakan masih belum dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dilakukan upaya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media 3 Dimensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) menggunakan media 3 dimensi dengan model konvensional menggunakan media 3 dimensi pada materi divisi spermatophyta di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan observasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil uji U Mann-Whitney data posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media 3 dimensi. Berdasarkan perhitungan Effect Size, model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi memberikan pengaruh sebesar 55,4% dengan kategor tinggi. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD berbantu media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi divisi spermatophyta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe STAD, media 3 dimensi, Spermatophyta, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 14:09
Last Modified: 19 Jun 2017 14:09
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item