Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X MAN 2 Pontianak.

ALAWIYAH, HENNY and MULDAYANTI, NURI DEWI and Setiadi, Anandita Eka (2015) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X MAN 2 Pontianak. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
HENNY_ALAWIYAH.pdf

Download (675kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru biologi MAN 2 Pontianak, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi invertebrata. Hal ini merupakan suatu gejala kesulitan belajar siswa, sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan suatu analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kesulitan belajar siswa, jenis kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi invertebrata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda, pedoman wawancara dan angket tertutup bentuk check list berskala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa dalam memahami materi invertebrata sebesar 39,92%. Jenis kesulitan belajar siswa yang ditemukan antara lain kesulitan dalam memahami penamaan ilmiah (59,74%), kesulitan dalam memahami konsep (40,15%), dan kesulitan dalam memahami istilah (26,66%). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal yang berpengaruh lemah meliputi aspek minat dengan indikator ketertarikan dan sikap siswa terhadap pembelajaran invertebrata. Aspek motivasi dengan indikator perhatian dan usaha siswa untuk belajar invertebrata. Aspek kesehatan dengan indikator pengaruh kondisi tubuh pada saat belajar. Faktor internal yang berpengaruh cukup ialah aspek intelegensi dengan indikator pemahaman dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi invertebrata. Faktor ekternal yang berpengaruh lemah meliputi aspek keluarga berupa sarana atau prasarana dengan indikator alat-alat dan buku, serta ruang belajar. Aspek sekolah berupa fasilitas dan gedung sekolah dengan indikator fasilitas yang ada dan letak gedung. Faktor eksternal yang berpengaruh cukup ialah aspek guru berupa metode dan media pembelajaran dengan indikator penggunaan metode dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan belajar, materi invertebrata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 14:03
Last Modified: 19 Jun 2017 14:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item