Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbantukan Media Flash untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII IPA SMA Negeri I Jawai

MEITI SARI, ENDAH and MULDAYANTI, NURI DEWI and Setiadi, Anandita Eka (2015) Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Berbantukan Media Flash untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII IPA SMA Negeri I Jawai. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
ENDAH_MEITASARI.pdf

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fakta di lapangan yang menunjukan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPA masih rendah. Salah satu materi yang belum mencapai KKM adalah materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantukan media flash dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri I Jawai. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Jawai tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, pengukuran (tes), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 78% pada siklus II, dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,64% siklus II meningkat menjadi 85,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantukan media flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 1 Jawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Think pair share, flash, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 08:03
Last Modified: 19 Jun 2017 08:03
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item