Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang

RANIATI, DWI and MULDAYANTI, NURI DEWI and Setiadi, Anandita Eka (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK.

[img] Text
DWI RANIATI.pdf

Download (734kB)

Abstract

Sulitnya pemahaman materi pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang mengakibatkan kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Team Quiz pada materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ketapang dengan jumlah siswa 32 orang. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. Alat pengumpulan data meliputi lembar observasi pembelajaran, tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas siswa sebesar 51,56% dan mengalami peningkatan 29,69% menjadi 81,25% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,6% dan mengalami peningkatan 22% menjadi 87,5% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri 1 Ketapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran Team Quiz, sistem pencernaan manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sub Admin1 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 07:59
Last Modified: 19 Jun 2017 07:59
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item