Kajian Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Ditinjau Dari Literasi Sains PISA Kelas XII SMAN 1 Teluk Keramat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2015

TOMI, 101620487 (2015) Kajian Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Ditinjau Dari Literasi Sains PISA Kelas XII SMAN 1 Teluk Keramat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2015. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)

Abstract

Literasi Sains merupakan kunci sukses untuk menghadapi tantangan di zaman globalisasi ini. Literasi sains kini menjadi tuntutan untuk dikuasai oleh setiap individu baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia pekerjaan. Individu yang melek sains dapat menggunakan informasi ilmiah yang dimilikinya untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan siswa dalam pembelajaran kimia ditinjau dari literasi sains siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teluk Keramat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 Teluk Keramat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar bentuk essay dan pilihan ganda dalam wacana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Teluk Keramat sudah cukup melatih kemampuan literasi sains siswa, yang diketahui dari hasil kemampuan literasi sains yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 68,91% untuk kemampuan konten sains yang dikategorikan sedang dan 68,91% untuk kemampuan konteks sains yang dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Literasi Sains, dan Pembelajaran Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:24
Last Modified: 19 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item