Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Pada Praktikum Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak.

Syafitri Mayang Sari, mrs (2015) Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Pada Praktikum Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I - SKRIPSI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada praktikum Koloid yang diajarkan dengan model pembelajaran siklus belajar 5E dengan siswa yang diajarkan dengan model konvensional, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap hasil belajar siswa pada praktikum Koloid. Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur hasil belajar dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran siklus belajar 5E memiliki nilai rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 86,84, hasil belajar afektif sebesar 52,63 dan hasil belajar psikomotorik sebesar 63,15. Siswa yang diajarkan dengan model konvensional memiliki nilai rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 78,94, hasil belajar afektif 42,10 dan hasil belajar psikomotorik 52,63. Siklus belajar 5E memberikan pengaruh sebesar 28,52% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, praktikum Koloid, siklus belajar 5E.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:18
Last Modified: 19 Jun 2017 04:18
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item