Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Formal dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pontianak.

JULIANSYAH, 111620719 (2015) Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Formal dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)

Abstract

Karakteristik materi kimia yang sebagian besar konsepnya bersifat kompleks dan abstrak menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir yang lebih tinggi untuk mempelajarinya. Adanya hubungan perkembangan kemampuan berpikir siswa dengan kemampuan mempelajari kimia mengindikasi diperlukannya kemampuan berpikir formal dalam mempelajari kimia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir formal siswa di kelas X SMA Negeri 9 Pontianak, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas XD SMA Negeri 9 Pontianak, (3) mengetahui hubungan kemampuan berpikir formal dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X SMA Negeri 9 Pontianak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) sebanyak 7 siswa mampu menjawab benar soal tes burney dan mencapai rentang nilai 17-24 yang termasuk dalam kriteria berpikir formal. Penalaran formal siswa yang lebih banyak menjawab benar adalah pada penalaran korelasional dan kombinatorial, (2) Sebanyak 10 siswa kelas XD SMA Negeri 9 Pontianak mendapatkan nilai tes hasil belajar kimia ≥ 65, sedangkan 26 siswa mendapat nilai ketuntasan ≤ 65. Data yang diperoleh terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir formal dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 9 Pontianak dengan koefisien korelasi sebesar 0,514 atau 51,4 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir formal dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Formal, Pembelajaran Kimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:14
Last Modified: 19 Jun 2017 04:14
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item