Pengembangan Media Game Ular Tangga Berbasis Flash pada Materi Teori Atom Kelas X SMA Negeri 2 Pontianak

SURATI, 111620176 (2015) Pengembangan Media Game Ular Tangga Berbasis Flash pada Materi Teori Atom Kelas X SMA Negeri 2 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media yang digunakan guru pada materi Teori Atom belum efektif dan efisien. Dibutuhkan media yang tepat dan sesuai karakteristik siswa yaitu media pembelajaran game ular tangga berbasis flash. Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan media game ular tangga berbasis flash pada materi Teori Atom kelas X MIA SMA Negeri 2 Pontianak yang valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 3D (Define, Design, Develop) modifikasi dari model yang direkomendasikan Thiagarajan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa media game ular tangga berbasis flash yang dikembangkan valid dengan nilai kevalidan sebesar 3,52, mendapat respon positif dari siswa dan guru dengan nilai kepraktisan sebesar 85,78 % dan 75 %, serta memenuhi aspek keefektifan karena terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan (< 0,05) sebelum dan sesudah menggunakan media melalui uji statistik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media game ular tangga berbasis flash yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media game berbasis flash, teori atom, ular tangga
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:05
Last Modified: 19 Jun 2017 04:05
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item