Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Sri Fatmawati., ms (2015) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)

Abstract

Peran aktif siswa kelas XI IPA 2 SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya dalam mengikuti proses pembelajaran masih rendah, ini dikarenakan tidak adanya variasi dalam pembelajaran dan selalu berpusat pada guru. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar kimia kurang maksimal yang berdampak pada tidak tercapainya ketuntasan belajar. Pendekatan saintifik pada kurikulum 2013, menuntut siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung dalam menemukan dan mengkonstruksi pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termokimia kelas XI IPA 2 SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada siklus I sebesar 50% siswa tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 72%, untuk aspek kemampuan afektif pada siklus I sebesar 77,28% meningkat pada siklus II menjadi 85,83% dan aspek kemampuan psikomotorik pada siklus I sebesar 71,35% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,24%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: afektif, hasil belajar, inkuiri terbimbing, kognitif, psikomotorik, termokimia.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:00
Last Modified: 19 Jun 2017 04:00
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item