Pengembangan Media Video pada Prosedur Kerja Percobaan Skrining Fitokimia Daun Buas-Buas (Premna Serratifolia Linn) untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak

Hambali, 111620527 (2016) Pengembangan Media Video pada Prosedur Kerja Percobaan Skrining Fitokimia Daun Buas-Buas (Premna Serratifolia Linn) untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (72kB)

Abstract

Kesulitan mahasiswa untuk melakukan prosedur kerja disebabkan oleh kurangnya keterampilan mahasiswa dalam menggunakan peralatan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga dapat membantu mahasiswa untuk memahami prosedur kerja pada skrining fitokimia daun buas-buas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3-D meliputi tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dan observasi. Alat yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi kemampuan psikiomotorik, angket respon mahasiswa dan asisten praktikum. Berdasarkan penilaian dari para ahli materi, ahli media dan bahasa, media video memiliki nilai kevalidan sebesar 3,33, sehingga media video dikatakan valid. Kepraktisan media video berdasarkan pada lembar observasi aktivitas mahasiswa sebesar 1,09% pada uji coba lapangan utama. Berdasarkan penilaian angket respon pada uji coba lapangan utama respon yang diberikan oleh mahasiswa sebesar 80,56 dan asisten praktikum sebesar 89,5% sehingga memberikan respon positif terhadap penggunaan media video pada kegiatan praktikum Kimia Organik II. Keefektifan media video diperoleh berdasarkan uji Wilcoxson signed ranks test menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05, probabilitas < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media video dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa dan layak digunakan pada praktikum Kimia Organik II mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Daun Buas-Buas, Media Video, Kemampuan Psikomotorik, Skrining Fitokimia
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:25
Last Modified: 19 Jun 2017 03:25
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item