Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Bersetting Problem Possing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Stoikiometri Kelas X IPA SMA Negeri 8 Pontianak.

FITRIANI, Mrs (2016) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Bersetting Problem Possing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Stoikiometri Kelas X IPA SMA Negeri 8 Pontianak. Other thesis, UM PONTIANAK.

[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan dan pengaruh hasil belajar siswa pada materi stoikiometri yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) bersetting problem possing dan metode ceramah, serta bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT bersetting problem possing di kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi- Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (78,06) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (67,30). Penilaian afektif siswa kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen dengan kriteria penilaian A (Baik Sekali) pada pertemuan pertama dan kedua. Untuk penilaian afektif kriteria B (Baik) kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen pada pertemuan pertama dan kedua, sehingga didapatkan rata-rata penilaian afektif 78,26%. Hasil analisis statistik uji U-man witney (α= 0,05) diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,00, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Perhitungan menggunakan effect size menunjukkan nilai ES=0,57 dikategorikan sedang. Dengan demikian model kooperatif tipe NHT bersetting problem possing berpengaruh 21,57% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Problem Possing
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sub Admin4 UM PTK
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:21
Last Modified: 19 Jun 2017 03:21
URI: http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item